Pelatihan Online bersama KGMD

Assalamualaikum wr.wb.
Semangat pagi para pembaca yang budiman, kali ini saya akan berbagi beberapa informasi dan pengalaman yang saya dapatkan dalam sebuah pelatihan yang menurut saya sangat menarik. Saat ini saya sedang mengikuti pelatihan yang dilaksanakan oleh Komunitas Guru Masa Depan (KGMD) dibawah naungan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Balai Insan Cendekia (LPP BIC), yaitu e-Diklat ICT for professional teacher-pelatihan membuat buku digital. Saya menganggap menarik karena kita dapat mengikuti 2 pelatihan bahkan lebih dalam satu waktu, hal ini dikarenakan pelatihan tersebut dilaksanakan secara daring (online). Dengan memanfaatkan hp/pc, kita dapat berkomunikasi dan berbagi informasi dengan pembimbing/pemateri dan peserta lainnya. Pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan oleh KGMD dapat diikuti oleh siapa saja, dan di mana saja.

Sekilas tentang KGMD

Apa itu Komunitas Guru Masa Depan?
Komunitas Guru Masa Depan (KGMD) merupakan Komunitas yang bergerak di bidang pendidikan dengan fokus pada pengembangan kompetensi & karir guru. Pengembangan karir guru yang dimaksud adalah memberikan pelatihan agar guru mempunyai kompetensi yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Apakah Komunitas Guru Masa Depan adalah asosiasi profesi ?
Komunitas Guru Masa Depan bukan asosiasi profesi. KGMD justru bisa berkolaborasi dengan asosiasi profesi manapun.

Sejak Kapan Komunitas Guru Masa Depan berdiri ? Apa sih niatnya?
Komunitas Guru Masa Depan (KGMD) di inisiatif oleh Adhan Chaniago selaku Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Balai Insan Cendekia (LPP-BIC). Awal berdiri mulai tahun 2014, namun belum tersosialisasi dengan baik. Seiring perjalanan waktu, Komunitas Guru Masa Depan mendapat respon positif dari berbagai kalangan pecinta Pendidikan.

KGMD mengadakan kegiatan secara Daring dan offline (Tatap Muka) dengan kriteria Diklat Free dan Diklat Premium. Diklat Free (Gratis) diadakan untuk momen tertentu, misalnya dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia. Diklat Premium (Berbayar) diadakan setiap bulannya dengan beragam
kelas, mulai bidang kepenulisan hingga bidang pengembangan teknologi untuk pembelajaran.

Bagaimana cara bergabung di Komunitas Guru Masa Depan?
KGMD bersifat terbuka bagi siapa pun. Silahkan bergabung di berbagai kanal komunikasi yang digunakan Komunitas Guru Masa Depan. Anda mulai bergabung di Grup Facebook Komunitas Guru
Masa Depan dan Kanal Telegram Guru Masa Depan. Ikuti kegiatan Pelatihan yang diadakan oleh Guru Masa Depan baik secara daring maupun secara langsung.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan para guru dalam memanfaatkan media komunikasi (baik secara online dan offline) sebagai media pembelajaran yang efektif dan efisien. Penerapan TIK dalam proses KBM adalah salah satu tuntutan yang harus dipenuhi dalam pembelajaran abad 21.
Banyak manfaat yang diperoleh dalam pelatihan ini, diantaranya sebagai berikut:
● Mampu membuat buku digital dengan menggunakan aplikasi flipbook maker.
● Meningkatkan kemampuan dalam membuat video.
● Mengenal dan mampu mengoperasikan aplikasi liveboard sebagai media pembelajaran online
● Sharing dan diskusi dengan pembimbing bahkan sesama peserta.
● Menambah pengetahuan tanpa harus meninggalkan tugas dan keluarga, dll.

Berikut rangkuman dari pelatihan yang saya ikuti.

Membuat Buku Digital dengan flip book maker

Sebelumnya, membuat buku digital adalah hal yang sangat sulit atau bahkan tidak mampu saya lakukan, tapi setelah mengikuti pelatihan ini hal tersebut menjadi sesuatu yang sangat mudah ☺️. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
● Menginstal aplikasi flip book maker pada pc/laptop, disini kami menggunakan aplikasi Ncesoft
   flip book maker.



● Setelah terinstal maka register aplikasinya kemudian restart.
● Buka kembali aplikasi dan akan muncul tampilan awal. Terdapat 3 tombol utama yaitu add file, 
   style dan publish.
● Klik add file untuk masukkan file yang akan dijadikan buku digital (foto/pdf/flv). Tunggu hingga unggah file selesai.




● Tambahkan musik bila menginginkan latar suara pada buku digital.
● Klik style untuk memberikan effect/gaya tampilan


● Selanjutnya klik publish apabila buku digital sudah selesai. Ada beberapa pilihan format yang akan digunakan untuk menyimpan buku digital. Pilihlah format exe. agar mudah diakses.
● Buku digital akan tersimpan pada device anda.

Untuk melihat video tutorial pembuatan buku digital (click here)


Terimakasih…..

Comments

Popular Posts